//
you're reading...
Tip Mengistall, Tutorial

Cara Menginstall dan Menjalankan GNU CLISP

1. Pendahuluan

Lisp adalah bahasa pemrograman yang sudah berumur lebih dari 40 tahun. Keunggulan Lisp terletak pada kemampuannya memanipulasi simbol dan hubungan antar simbol dengan mudah, sehingga bahasa ini cocok digunakan di bidang Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) dan pengambilan keputusan. Walaupun begitu, bahasa ini juga dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah lainnya.


Selama perkembangannya, Lisp menghasilkan banyak varian dan merupakan cikal bakal berbagai bahasa lainnya (misalnya Logo dan Smalltalk). Pada 8 Desember 1994 ANSI (American National Standard Institute) berhasil menstandarisasi Lisp, yang diberi nama Common Lisp ANSI. Tutorial ini akan mengajarkan Common Lisp ANSI dengan menggunakan compiler/interpreter GNU CLISP. Untuk selanjutnya, jika tutorial ini menyebutkan “Lisp” maka yang dimaksud adalah “Common Lisp ANSI”.
Lisp menarik untuk dipelajari sebab Lisp jauh berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman seperti Pascal dan C. Setelah banyak menggunakan Lisp, kita akan bisa melihat/menganalisa suatu masalah dari sudut pandang yang sebelumnya tidak pernah kita bayangkan. Paling tidak, Lisp dapat digunakan sebagai kalkulator yang handal (akan ditunjukkan pada tutorial ini).

2. Menginstall dan Menjalankan GNU CLISP

Tutorial ini akan memandu proses instalasi GNU CLISP 2.33 untuk Windows (yang kadang-kadang akan kita singkat CLISP).

a. Download GNU CLISP 2.33 dari http://webstudent.ugm.ac.id/~agro
r/files/clisp-2.33-win32.zip
(Hanya 3.4 MB!).
b. Extract isinya ke folder tempat anda ingin menginstallnya. Semua isi file zip akan diextract ke sub-folder “clisp-2.33”. Misalnya jika anda mengextractnya ke “C:\Program Files”, semua file-filenya akan diletakkan ke “c:\Program Files\clisp-2.33”.
c. Masuk ke folder “clisp-2.32”. Jalankan file “install.bat”. Pilih ‘Y’ untuk setiap pertanyaan yang diajukan.
d. Anda harus mengcopy file “lisp.exe” yang terletak di folder “clisp-2.33\base” ke folder “clisp-2.33”.

Kita akan memasuki sebuah prompt dimana kita bisa mulai menuliskan program kita. CLISP merupakan lingkungan pemrograman yang bersifat read-eval-print. Artinya, begitu kita selesai memasukkan/mengetik form dalam CLISP, maka CLISP akan segera menjalankannya dan menuliskan hasilnya (dalam pembuatan program C atau Pascal, biasanya kita menggunakan siklus write-compile-run).
Catatan: Anda bisa mendapatkan versi terbaru GNU CLISP di http://clisp.cons.org.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: